You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Aia Manggih Barat
Nagari Aia Manggih Barat

Kec. Lubuk Sikaping, Kab. Pasaman, Provinsi Sumatera Barat

Selamat Datang di Website Resmi Nagari Aia Manggih Barat Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Sejarah Nagari

Administrator 26 Agustus 2016 Dibaca 298 Kali

Pemerintah Kabupaten Pasaman melaksanakan pemekaran Nagari dengan menetapkan Peraturan Bupati Pasaman Nomor 21 Tahun 2017 tentang Pembentukan Nagari Persiapan di Kabupaten Pasaman yang semula hanya berjumlah 37 nagari bertambah sebanyak 25 nagari persiapan yaang salah satunya Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat sebagai pemekaran dari nagari induk Nagari Aia  Manggih Barat Kecamatan Lubuk Sikaping.

Berdasarkan Musyawarah Nagari Tentang Pemekaran Nagari pada hari Rabu tanggal 26 Oktober 2016 di MDTA Al Munawarah Aia  Manggih Barat telah disepakati Nagari Aia  Manggih Barat dimekarkan menjadi 3 ( Tiga) buah Nagari Persiapan yang salah satunya Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat.

Kemudian dilantiklah Pj Wali Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat An. Yomi Valentia, SS. MM berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pasaman Nomor : 188.45/826/BUP- PAS/2017 Tentang Pengangkatan Penjabat Wali Nagari Persiapan Se Kabupaten Pasaman. Dengan belum ditetapkannya aturan dari bagian Administrasi Pemerintahan Nagari yang mengatur tentang Pedoman Umum Struktur Organisasi Nagari Persiapan maka Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat belum membentuk Struktur Organisasi. Sehingga Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat belum melaksanakan pengangkatan Perangkat Nagari, namun pembantu Operasional Pemerintahan Nagari Persiapan ditugaskan 1 Kaur Umum dari Nagari Induk dan 2 Orang Jorong yang ada di Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat  yaitu Jorong Kampung Padang Paraman Dareh dan Jorong Padang Sarai.

Sebelum diangkatnya Perangkat Nagari, terlebih dahulu dilaksanakan seleksi Perangkat Nagari di Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat dengan membentuk Tim Pansel dan Tes Tertulis Perangkat Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat di Gedung MDTA Al-Hidayah Jorong Padang Sarai. Setelah keluarnya Rekomendasi dari Camat Lubuk Sikaping Nomor: 140/256/Pem & Trantib-2018 Tanggal 16 Mei 2018 Perihal Menyetujui diangkat dan di tetapkan sebagai Perangkat Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat. Maka dilantiklah Perangkat Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat pada Tanggal 30 Mei 2018 di Aula Kantor Wali Nagari Aia  Manggih Barat.

Pada tahun 2019 terjadi pergantian PJ Wali Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat dari Yomi Valentia, SS. MM digantikan oleh Bapak Amrizal, SH yang merupakan Staf Kantor Camat Lubuk Sikaping, yaitu pada akhir bulan November 2019 sampai awal oktober 2022 selama 3 tahun masa jabatan.

Bulan September 2022 keluarlah Nomor Register 25 Nagari Persiapan Se- Kabupaten Pasaman dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Administrsi Kewilayahan yang salah satunya Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat  dengan Nomor Register 13.08.05.2011, dengan ini Nagari Persiapan Aia  Manggih Barat resmi menjadi Nagari Defenitif.

Setelah menjadi Nagari Defenitif  masa jabatan PJ Wali Nagari an. Bapak Amrizal, SH juga berakhir dan digantikan oleh Bapak Ilham Syah, S.Pd. MM yang merupakan Sekretaris Kecamatan Lubuk Sikaping sebagai PJ Wali Nagari Defenitif sampai dilantiknya Wali Nagari Terpilih.

Pemilihan Wali Nagari serentak dilaksanakan di Kabupaten Pasaman yang diikuti 35 Nagari yang terdiri dari 25 Nagari baru dan 10 Nagari lama yang dilaksanakan pada Tanggal 12 Desember 2022.

Dalam Pemilihan Wali Nagari Aia  Manggih Barat, pertama sekali dibentuk Panitia Pilwana yang anggotanya 7 Orang yang terdiri dari Tokoh Masyarakat yaitu unsur Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan Tokoh Pemuda/I, Pengurus KAN dan Satu Orang Perangkat Nagari (Kasi Pemerintahan).

Di Nagari Aia  Manggih Barat ada 11 Bakal Calon yang Mendaftar dan mengembalikan berkas yang semuanya memenuhi persyaratan sehingga sesuai aturan harus dilaksanakan seleksi Fit and Propert Test yang difasilitasi oleh Panitia Kabupaten karena maksimal jumlah bakal calon hanya 5 orang, dari 11 calon yang mengikuti seleksi dinyatakan 5 Bakal Calon yang lulus, namun yang ditetapkan menjadi Calon Wali Nagari hanya 4 orang karena 1 orang terfdaftar di Sipol sebagai anggota Partai Politik.

Setelah Pilwana berlangsung pada tanggal 12 Desember 2022 dan dilaksanakannya penghitungan suara, suara terbanyak dimenangkan oleh Calon Wali Nagari an. Afdel Haq, S. Pd.I sehingga pada tanggal 26 Desember 2022 Calon Wali Nagari terpilih se- Kabupaten Pasaman dilantik oleh Bapak Bupati Pasaman. Dengan dilantiknya Wali Nagari terpilih tersebut Bapak Afdel Haq, S. Pd.I secara resmi menjadi Wali Nagari Aia Manggih Barat yang secara bersamaan berkahir pula masa jabatan Bapak Ilham Syah, S.Pd.,MM sebagai PJ Wali Nagari Defenitif.

 

Pucuak Bulek Nagari Aia Manggih Barat adalah Datuak Sati, dengan penghulu kampung yang mempunyai suku:

  • Mandailiang
  • Piliang
  • Jambak
  • Tanjuang
  • Caniago
  • Melayu

Petinggi Adat (penghulu suku) di Nagari Aia  Manggih Barat di Jorong Padang Sarai ada 3 orang:

  1. Timbalan
  2. Manindiang
  3. RKY Batuah

Sedangkan  di jorong Kampung Padang Paraman Dareh Pucuk Adat (Penghulu Suku) adalah Dt. Rajo Panji Alam, yang terdiri dari beberapa unsur Niniak Mamak Kaum yaitu Kondo, Engku Mudo, Nan Bagadiang, Tumalin Adat, Bandaro Alam.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2023 Pelaksanaan

Pendapatan Nagari
Rp 0,00 Rp 944.306.517,00
0%

APBDes 2023 Pendapatan

Lain-lain Pendapatan Asli Desa
Rp 0,00 Rp 6.000.000,00
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi Nagari
Rp 0,00 Rp 20.526.717,00
0%
Alokasi Dana Desa
Rp 0,00 Rp 917.779.800,00
0%

APBDes 2023 Pembelanjaan